Pendahuluan
Kendati bahasa Arab merupakan salah satu bahasa resmi di lingkungan PBB, popularitas bahasa Arab di negara kita yang hingga sekarang merupakan negara berpenduduk beragama Islam terbesar di dunia belum dapat setara dengan popularitas bahasa asing lainnya. Minat siswa terhadap bahasa Arab masih sangat rendah. Setiap kali dibuka kursus bahasa Arab, walaupun gratis, selalu sepi peminat.
Dari beberapa pengamatan, disimpulkan bahwa salah satu faktor yang membuat bahasa Arab kurang diminati oleh siswa karena metode pengajarannya masih bersifat tradisional. Tidak sedikit guru mengajar bahasa Arab persis seperti ketika mereka belajar puluhan tahun yang lalu ketika sarana pembelajaran masih sangat sederhana.
Bagi Anda, guru yang mengajar di sekolah yang kebetulan telah mendapatkan sarana yang memadai, seperti produk-produk teknologi informasi, adalah sepatutnya bila sarana ini dimanfaatkan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan pengalaman, para siswa dijamin akan lebih antusias mengikuti pelajaran.
Apa itu Teknologi Informasi?
Teknologi Informasi yang populer dengan singkatan aslinya, IT (Information Technology), sebetulnya bukan barang yang asing bagi kita semua pada masa sekarang ini. Dalam keseharian kita, sudah banyak produk IT yang kita manfaatkan. Tentang apa itu teknologi informasi, Haag dan Keen (1996:4), mendefinisikan sebagai "a set of tools that helps you work with information and perform task related to information processing" (seperangkat piranti yang membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi). Piranti yang dimaksud mencakupi benda-benda yang ber-hubungan dengan komputer seperti printer, keyboard, CD-ROM dan aplikasi multimedia yang membuat kita dapat mendengar, melihat dan membaca berbagai topik.
Sejumlah piranti yang tercakup dalam IT, yang dikenal dengan sebutan IT system, terdiri dari tujuh macam, yaitu:
- Input and output devices, piranti yang kita gunakan untuk memasuki informasi, perintah, dan menerima (biasanya dengan mendengar dan melihat) hasil permintaan kita. Input and output devices mecakupi mouse, keyboard, monitor, dan printer.
- Software, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu, seperti pengolah kata, pengolah tata letak, pengolah grafis, juga sejumlah perangkat lunak pembelajaran bahasa.
- Communication devices, yaitu piranti yang menghubungkan IT system dengan orang di seluruh pelosok bumi, seperti modem, satelit dan kabel coaxial.
- The processing engine yang terdiri dari dua komponen yaitu the central processing unit yang disingkat CPU dan the internal memory. CPU menjalankan piranti lunak guna melaksanakan tugas tertentu untuk kita, sementara the internal memory merupakan area penyimpanan sementara untuk piranti lunak dan informasi.
- Information di mana kita bekerja dengannya. Pada sekarang ini kita dapat bekerja dengan berbagai bentuk informasi, baik yang berupa teks, suara, gambar, maupun gerak.
- Storage devices, yaitu piranti penyimpanan data secara permanen, seperti CD-ROM, disket, harddisk, flash disk.
- Terakhir, dan yang paling penting, Human Resources (SDM).
Download File Lengkap
0 Response to "PEMANFAATAN IT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH"
Post a Comment